Cara dan Gejala Menghilangkan Stress

Stres bisa dialami oleh siapa saja dengan pemicu yang berbeda-beda, terutama saat menghadapi tantangan dan tuntutan. Cara mengurangi stres dapat dicoba agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan di kemudian hari.

Dengan mengacu pada situs Clevelandclinic, siapa pun dapat mengalami stres dengan berbagai gejala dan penyebab, mulai dari peristiwa kehidupan kecil hingga besar.

Misalnya, kehilangan pekerjaan, kehilangan seseorang, bercerai, dll. Stres bahkan bisa datang dari hal-hal positif seperti mendapatkan promosi atau memiliki bayi. Namun, jika stres tidak dikelola dan dikendalikan dengan baik, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berikut gejala stres yang harus diwaspadai dan cara mengatasinya.

Tubuh manusia secara alami dirancang untuk mengalami dan merespons stres, dan respons tubuh terhadap stres memengaruhi fisik, mental, dan perilaku.

Gejala stres fisik adalah:

  • Nyeri dan nyeri
  • Sistem kekebalan yang melemah
  • Detak jantung yang cepat menyebabkan nyeri dada
  • Kesulitan berhubungan seks
  • Kelelahan atau sulit tidur
  • Masalah perut dan
  • Sakit kepala, pusing dan tremor
  • Otot mudah tegang
  • Tekanan Darah Tinggi

Gejala psikologis dan perilaku sementara dari stres adalah:

  • Kecemasan
  • Kesedihan yang mendalam
  • Iritabilitas
  • Serangan panik
  • Depresi

Tanda Stres di atas perlu diatasi sesegera mungkin sehingga tidak menular ke masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi. Mengatasi stres juga harus tepat agar Anda bisa terjerat gaya hidup tidak sehat seperti alkohol, judi, narkoba, perokok berat, dan perilaku kompulsif lainnya.

Stres yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan berlarut-larut berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik.

Membuat musik memiliki efek positif pada otak dan tubuh.Musik dalam ritme yang tenang dapat menekan kortisol, hormon yang menyebabkan stres.

Anda dapat memainkan musik klasik dengan melodi lembut. Jika Anda tidak menyukai musik atau instrumen klasik, Anda dapat mendengarkan musik dengan suara alam atau musik religi.

Musik alam dan musik religi dapat memberikan relaksasi yang sama bagi sebagian orang seperti musik klasik.

Banyak orang menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makanan manis dan berkalori tinggi atau minuman beralkohol, ketika mereka sedang stres. Tindakan ini hanya memiliki efek sementara, tetapi tidak mengurangi stres jangka panjang.

Health Page, makan makanan sehat dapat mengurangi efek stres karena tubuh mengembangkan sistem kekebalan yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan tekanan darah.

Jika Anda stres, hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi dan ganti dengan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk mengurangi stres, karena kurang tidur juga merupakan penyebab stres dan menyebabkan penurunan kesehatan tubuh dan otak.

Waktu tidur normal adalah 7 sampai 8 jam.Jauhkan ponsel Anda, redupkan lampu, dan matikan TV untuk memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk bersantai. Anda dapat menyalakan musik lembut atau menyalakan aromaterapi, yang menciptakan perasaan rileks dan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu anda juga perlu mencoba melakukan kegiatan untuk merilekskan tubuh dan pikiranmu. Cobalah untuk bermain di situs judi slot terpercaya, atau anda juga bisa mencoba untuk lebih banyak tertawa.

Tertawa melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar hormon stres kortisol dan adrenalin.

Tertawa menipu sistem saraf Anda untuk membuat Anda merasa bahagia. Anda dapat menonton film komedi atau hanya aksi komedi di YouTube.

“Tarik dan Buang napas.” Metode pernapasan ini biasa digunakan selama meditasi. Anda juga dapat mempraktikkan teknik pernapasan ini sambil duduk di tempat kerja. Sederhana saja: mengutip Healthline, duduklah dalam posisi yang nyaman di kursi, pastikan kaki Anda menyentuh lantai, lalu letakkan tangan Anda di atas lutut.

Tarik napas perlahan melalui hidung, rasakan udara masuk dan mengembang ke paru-paru, lalu hembuskan melalui mulut.Saat Anda melakukan ini, bayangkan Anda menghilangkan semua yang membuat Anda stres.

Ini adalah dalah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres yang mungkin Anda kenal. Jika cara – cara di atas masih tetap tak sesuai atau tidak mengurangi tingkat stres Anda sama sekali, maka segeralah temui dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian.